Selasa, 10 Juni 2014

Preview Peserta Piala Dunia 2014 : Portugal

Tim yang satu ini memang dikenal sebagai salah satu peserta yang mempunyai daya saing yang sangat baik, namun siapa sangka Portugal baru tampil pada hajatan sepakbola terbesar di dunia sebanyak 6 kali.

Prestasi terbaik Selecao das Quinas ketika tampil di Piala Dunia 1966, ketika itu penampilan luar biasa pemain legenda mereka, Eusebio mampu megantarkan Portugal finis di peringkat ketiga pada turnamen yang diselenggarakan di Inggris. Mereka nyaris mengulangi capaian serupa di Jerman tahun 2006, namun sayang mereka kalah dari tuan rumah dengan skor 1 - 3 pada pertandingan perebutan juara ke-3.

Perjalanan Portugal menuju Brazil tak terlalu mulus, mereka harus puas finis sebagai runner-up di belakang Rusia pada babak grup kualifikasi zona Eropa. Pada akhirnya, keajaiban yang ditunjukkan sang mega bintang, Cristiano Ronaldo berhasil menolong Portugal untuk lolos ke babak utama Piala Dunia 2014 seusai memborong semua gol ketika mengalahkan Swedia dengan agregat skor 4 - 2 pada babak playoff.

Pada turnamen kali ini, pelatih Paulo Bento tetap memasukkan beberapa nama berpengalaman ke dalam tim yang dibawa ke Brazil. Bruno Alves, Pepe, Raul Meireles, Helder Postiga dan tentu saja sang mega bintang, Cristiano Ronaldo. Namun, percaya atau tidak, kebergantungan Portugal akan sosok Ronaldo sangat kentara, hasil ujicoba menjadi bukti walaupun mereka menang atas Meksiko dengan skor tipis 1 - 0 pada ujicoba beberapa hari lalu.

Khusus bagi Cristiano Ronaldo, ini merupakan Piala Dunia ke-3. Pada kesempatan itulah Ronaldo ingin menampilkan performa terbaiknya. Sekadar informasi, Ronaldo total baru mencetak 2 gol selama mengikuti Piala Dunia.

Portugal akan berjuang untuk hasil yang lebih baik, namun mereka sudah harus menerima tantangan dari Jerman, Ghana, serta Amerika Serikat di Grup G.

"Akankah Samba Eropa dapat tampil lebih baik dibanding Samba Latin?"





Prediki Starting XI Portugal : Eduardo; Joao Pereira, Bruno Alves, Pepe, F. Coentrao; Veloso; R. Meireles, J. Moutinho; Cristiano Ronaldo, Nani, Helder Postiga.





Julukan : A Seleção das Quinas
Konfederasi : UEFA (Eropa)
Pelatih : Paulo Bento (Portugal)
Caps terbanyak : Luis Figo (127 pertandingan)
Top skorer : Cristiano Ronaldo (48 gol) 
Kode FIFA : POR
Peringkat FIFA : 4 (Juni 2014)
Piala Dunia
Penampilan ke : 6 (pertama pada 1966)
Penampilan terakhir : 2010
Prestasi terbaik : Peringkat ke-3 (1966)
Prestasi terakhir : 16 Besar (2010)

Tidak ada komentar: