Kamis, 12 Juni 2014

Preview Peserta Piala Dunia 2014 : Korea Selatan

Untuk ukuran tim Asia, Korea Selatan mungkin adalah tim terkuat dari semua wakil Asia yang pernah menjajaki turnamen 4 tahunan tersebut. Ini adalah penampilan ke-10 mereka, dan yang ke-8 secara berturut-turut. Sangat luar biasa bagi wakil Asia.

Pencapaian luar biasa yang pernah diraih tim Negeri Ginseng tersebut adalah ketika mampu menembus hingga babak semifinal Piala Dunia 2002 saat berlangsung dihadapan pendukung mereka sendiri.

Mereka nyaris saja gagal lolos karena mengalami kekalahan pada partai terakhir saat melawan Iran pada babak kualifikasi, namun keunggulan selisih gol atas Uzbekistan lah yang membuat mereka tampil pada putaran final Piala Dunia untuk ke-8 kalinya secara beruntun.

Kstaria Taeguk saat ini dilatih oleh legenda sekaligus kapten mereka ketika menjadi semifinalis pada tahun 2002, Hong Myung-Bo. Hong diharapkan mampu memotivasi pemain-pemain Korea yang mayoritas diisi pemain-pemain muda. Ada Son Heung-Min, Lee Chung-Yong, Ki Seng-Yueng, dan Ji Dong-Won.

Namun, hasil ujicoba memang sangat mengecewakan publik Korea, bahkan selama 2014 Korsel hanya menang 2 dari 6 pertandingan ujicoba yang telah mereka lewati. Disinilah pengalaman Hong sebgai pelatih sangat dibutuhkan untuk memompa motivasi tim, terlebih pasti mereka sangat ambisius untuk mengulangi prestasi pada 2002 silam.

Untuk mengulangi kesuksesan seperti itu, Korea Selatan harus menghadapi saingan mereka di Grup H, yakni Belgia, Rusia, dan Aljazair.

"Mampukah Ksatria Taegeuk mengulangi kesuksesan mereka pada tahun 2002?"





Prediksi Starting XI Korea Selatan : S. R. Jung; J. H. Park, J. H. Hong, C. S. Kim; S. Y. Ki, J. W. Park; J. C. Koo, H. M. Son, C. Y. Lee; C. Y. Park..







Julukan : Taeguek Warrior
Konfederasi : AFC (Asia)
Pelatih : Hong Myung-Bo (Korea Selatan)
Caps terbanyak : Hong Myung-Bo (136 pertandingan)
Top skorer : Cha Bum-Kun (55 pertandingan)
Kode FIFA : KOR
Peringkat FIFA : 55 (Juni 2014)
Piala Dunia
Penampilan ke : 10 (pertama pada 1956)
Penampilan terakhir : 2010
Prestasi terbaik : Semifinal (2002)
Prestasi terakhir : 16 Besar (2010)

Tidak ada komentar: