Rabu, 11 Juni 2014

Preview Peserta Piala Dunia 2014 : Amerika Serikat

Dibandingkan basket maupun rugbi, sepakbola masih tidak terlalu setenar kedua olahraga tersebut di negeri Paman Sam. Tapi, prestasi mereka selama mengikuti Piala Dunia tak bisa dipandang sebelah mata.

Pencapaian terbaik mereka selama mengikuti Piala Dunia adalah saat menjadi juara ke-3, tapi itu sudah lama sekali. Tepatnya saat turnamen ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 1930 di Uruguay. Amerika harus menunggu 72 tahun atau tepatnya pada 2002 untuk berprestasi. Mereka kala itu lolos hingga perempatfinal.

Amerika tampil cukup baik selama babak akhir kualifikasi dengan 7 kemenangan dari 10 pertandingan, kekalahan mengejutkan dari Kosta Rika dan Honduras tidak terlalu berpengaruh terhadap kelolosan mereka. Amerika sukses mengakhiri kualifikasi sebagai juara grup.

Masalah bagi Amerika adalah mereka yang belum teruji saat bermain di kandang lawan, mereka hanya menang dua kali di kandang lawan. Patut dicermati oleh pelatih berpengalaman Juergen Klinsmann terlebih mereka akan bertarung di Brazil.

Sejumlah nama berpengalaman serta pemain muda berbakat tetap dibawa Klinsmann. Ada Tim Howard, DaMarcus Beasley, Michael Bradley, Clint Dempsey serta Jozy Altidore. Namun, secara mengejutkan Klinsmann tak membawa top skorer sepanjang masa mereka, Landon Donovan.

Tidak dibawanya Donovan tentu mengejutkan mengingat Amerika harus bersain di salah satu grup neraka yang terdiri dari Jerman, Portugal, serta Ghana di Grup G.

"Mampukah pasukan Amerika menguasai Brazil?"





Prediksi Starting XI Amerika Serikat : Howard; Beasley, Besler, Cameron, Johnson; Beckerman; Bedoya, Zusi; Bradley; Dempsey, Altidore.




Julukan : The Stars and Stripes
Konfederasi : CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia)
Pelatih : Juergen Klinsmann (Jerman)
Caps terbanyak : Cobi Jones (164 pertandingan)
Top skorer : Landon Donovan (57 gol)
Kode FIFA : USA
Peringkat FIFA : 13 (Juni 2014)
Piala Dunia
Penampilan ke : 10 (pertama pada 1930)
Penampilan terakhir : 2010
Prestasi terbaik : Peringkat ke-3 (1930)
Prestasi terakhir : 16 Besar (2010)

Tidak ada komentar: