Selasa, 10 Juni 2014

Preview Peserta Piala Dunia 2014 : Ghana

Dari semua wakil Afrika yang pernah berkompetisi pada ajang Piala Dunia, mungkin Ghana bisa dibilang sebagai wakil Afrika yang penampilannya menjanjikan. Meskipun ini adalah penampilan ke-3 mereka, prestasi mereka sangat menjanjikan sebagai negara debutan.

Pada penampilan pertama mereka pada 2006, Ghana mampu lolos dari babak grup, sayang mereka harus tersingkir pada babak 16 besar setelah dikalahkan Brazil 0 -3. 

4 tahun setelahnya, Ghana kembali lolos dari babak fase grup. Lalu mereka menyingkirkan Amerika Serikat pada babak 16 besar. Ghana nyaris menjadi wakil Afrika pertama yang berhasil maju hingga ke semifinal, namun "kenakalan" Luis Suarez yang disusul kegagalan Asamoah Gyan menggagalkan ambisi mereka. Ghana harus tersingkir lewat babak adu penalti atas Uruguay di babak perempatfinal.

Maka dari itu, Ghana ingin merealisasikan mimpi mereka unuk menjadi wakil Afrika pertama yang melaju hingga semifinal. Awal yang baik ditunjukkan Ghana pada babak kualifikasi, hanya sekali kalah dari Zambia di babak grup, namun hasil itu tetap meloloskan The Black Stars pada babak terakhir.

Pada babak terkahir, mereka bersua tim tangguh Mesir. Ghana tampil luar biasa pada leg pertama ketika membantai Raja Afrika 7 kali tersebut dengan skor telak 6 -1. Kekelahan 1 -2 pada leg ke-2 tidak berpengaruh karena akhirnya Ghana lolos dengan agregat skor 7 - 3.

Skuat asuhan James Kwasi Appiah membawa para pemain muda berbakat yang dipadu dengan pemain berpengalaman yang jika di rata-rata mereka berusia 24,9 tahun, ada Michael Essien, Christian Atsu, Sulley Muntari, Kevin-Prince Boateng, serta Ayew bersaudara, Andre dan Jordan.

Namun, jalan Gaha terhitung berat karena harus menghadapi Jerman, Portugal, dan Amerika Serikat di grup G.

"Mampukah sang bintang hitam menunjukkan sinarnya di Brazil?"





Prediksi Stating XI Ghana : Dauda; Sumalia, Opare, Afful, Inkoom; Essien; Muntari, K. Asamoah, A. Ayew; K. P. Boateng; J. Ayew, A. Gyan.




Julukan : The Black Stars
Konfederasi : CAF (Afrika)
Pelatih : James Kwasi Appiah (Ghana)
Caps terbanyak : Richard Kingson (90 pertandingan)
Top skorer : Asamoah Gyan, Edward Acquah, Kwasi Owusu (40 gol)
Kode FIFA : GHA
Peringkat FIFA : 38 (Juni 2014)
Piala Dunia
Penampilan ke : 3 (pertama pada 2006)
Penampilan terakhir : 2010
Prestasi terbaik : Perempatfinal (2010)
Prestasi terakhir : Perempatfinal (2010)

Tidak ada komentar: