Jumat, 06 Juni 2014

Preview Peserta Piala Dunia 2014 : Bosnia-Herzegovina

Lolos untuk kali pertama dalam ajang Piala Dunia sementara hampir semua warganya masih menderita trauma akibat dilanda konflik berdarah yang dialami pada saat awal kemerdekaan negara tersebut merupakan prestasi yang sangat membanggakan warga Bosnia.

Seolah ingin menghapus trauma, tim berjuluk Zmajevi ini mencoba menghapus trauma melalui sepakbola, tercatat 2 kali mereka hampir berhasil lolos ke 2 turnamen besar, yaitu pada Piala Dunia 2010 dan juga Piala Eropa 2012, namun 2 kali pula harapan mereka harus pupus oleh tim yang sama, Portugal.

Bosnia mencoba peruntungan mereka pada kualifikasi Piala Duniazona Eropa Grup G. Hasilnya, bisa membuat masyarakat Bosnia tersenyum karena mereka lolos ke Brazil dengan status juara grup dan mampu membuat 30 gol hanya dari 10 pertandingan.

Untuk penampilan pertama mereka di Brazil, Safet Susic mengandalkan paduan antara pemain berpengalaman dan talenta muda yang berbakat, semisal Asmir Begovic, Emir Spahic, Zvjezdan Misimovic, Miralem Pjanic dan duo ujung tombak maut mereka, Edin Dzeko dan Vedad Ibisevic. Bahkan kombinasi Dzeko-Ibisevic menghasilkan 18 dari 30 gol di babak kualifikasi (Dzeko 10 gol, Ibisevic 8 gol).

Ujian Bosnia sesungguhnya akan dimulai pada babak fase grup dimana mereka akan menghadapi nama-nama yang sudah berpengalaman di ajang internasional, dimulai dari Argentina, Iran, dan Nigeria.

"Mampukah sang Lily Emas dapat tumbuh mekar di Brazil?"





Prediksi Starting XI Bosnia-Herzegovina : Begovic; Mudjza, Bicakcic, Spahic, Kolasinac; Misimovic,  Salihovic, Lulic, Pjanic; Dzeko, Ibisevic.




Julukan : Zmajevi
Konfederasi : UEFA (Eropa)
Pelatih : Safet Susic (Bosnia-Herzegovina)
Caps terbanyak : Zvjezdan Misimovic (82 pertandingan)
Top skorer : Edin Dzeko (35 gol)
Kode FIFA : BIH
Peringkat FIFA : 21 (Juni 2014)
Piala Dunia
Penampilan ke : 1 (pertama pada 2014)
Penampilan terakhir : -
Prestasi terbaik : -
Prestasi terakhir : -

Tidak ada komentar: