Minggu, 08 Juni 2014

Preview Peserta Piala Dunia 2014 : Iran

Iran bukanlah pendatang baru dalam ajang sekelas Piala Dunia, tapi raksasa gurun Asia yang satu ini prestasi memang tidak terlalu bagus dalam keikutsertaan mereka sebelumnya.

Dalam 3 penampilan mereka sebelumnya, Iran selalu tersingkir pada babak awal alias fase grup bahkan saat mereka diperkuat pemain hebat macam Ali Daei dan Mehdi Mahdavikia. Mereka ingin hasil yang lebih baik pada edisi kali ini, supaya mereka tak menjadi pelengkap turnamen semata.

Awal perubahan yang baik telah mereka tunjukkan pada babak kalifikasi Grup A zona Asia. Meskipun agak kurang maksima di putaran pertama, namun pada akhirnya Iran mampu menyelesaikan ronde terakhir babak kualifikasi zona Asia sebagai pemuncak grup A. Bahkan mereka mampu menaklukan sang raksasa Asia, Korea Selatan dengan skor 1 - 0 di laga pamungkas.

Nama-nama berpengalaman masih menghiasi skuat yang berjuluk "Prince of Persia" ini. Sebut saja Andranik Teymourian dan juga sang kapten Javad Nekounam, dan 2 pemain berbakat dalam diri Ashkan Dejagah serta Reza Ghoochannejhad. Khusus untuk Ghoochannejhad, diharapkan mampu mengulang performa terbaiknya seperti saat mencetak gol tunggal atas Korea Selatan.

Dinahkodai juru taktik berpengalaman asal Portugal, Carlos Queiroz, Iran diharapkan untuk setidaknya bersaing dengan rival mereka di Grup F, yakni Argentina, Bosnia-Herzegovina dan Nigeria.

"Mampukah sang Raksasa Gurun menguasai Brazil?"


Prediksi Starting XI Iran : A. Haghighi; Mahini, Hosseini, Sadeghi, Beitashour; R. Haghighi, Nekounam; Ghoochannejhad, Shojaei, Dejagah; Jahanbakhsh.



Julukan : Ŝāhzādegāne Pārsi
Konfederasi : AFC (Asia)
Pelatih : Carlos Queiroz (Portugal)
Caps terbanyak : Ali Daei (149 pertandingan)
Top skorer : Ali Daei (109 gol)
Kode FIFA : IRN
Peringkat FIFA : 43 (Juni 2014)
Piala Dunia
Penampilan ke : 4 (pertama pada 1978)
Penampilan terakhir : 2006
Prestasi terbaik : Fase Grup (1978, 1998, 2006)
Prestasi terakhir : Fase Grup (2006)

Tidak ada komentar: