Karya
ilmiah
“kesenjangan antara sekolah negeri dan swasta di depok”
DISUSUN
OLEH
:
Nama
: andre pradana
Kelas
: xi ipa 2
No.
absen : 06
SMAN 2
Depok
2011/2012
MATERI
9: MENULIS KARYA ILMIAH DARI HASIL PENGAMATAN
INDIKATOR:
1.
Tentukan judul karya ilmiah
2.
Buatlah kerangka karya ilmiah
3.
Buatlah karya ilmiah sesuai kerangka
4.
Buatlah power point dari karya ilmiah yang ada
(print out)
Penyelesaian
:
1. Judul Karya Ilmiah :
“KESENJANGAN
ANTARA SEKOLAH NEGERI DAN SWASTA DI DEPOK”
2. Kerangka Karya Ilmiah :
Judul
: “KESENJANGAN ANTARA SEKOLAH NEGERI DAN SWASTA DI DEPOK”
Bab
I : Pendahuluan
-
Latar
Belakang Masalah
-
Tujuan
Penelitian
-
Identifikasi
Masalah
-
Manfaat
antara Sekolah Negeri dan Swasta
Bab
II : Pembahasan Masalah
-
Landasan
Teori
-
Pembahasan
Masalah
-
Manfaat
Sekolah Negeri
-
Manfaat
Sekolah Swasta
Bab III : Penutup
-
Kesimpulan
-
Saran
-
Daftar
Pustaka
3. Buatlah karya ilmiah sesuai dengan
kerangka yang ada
Kata Pengantar
Puji syukut kehadirat Allah subhana wata’ala
atas berkat dan rahmat-Nya saya masih diberikan kesempatan hidup untuk
menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Kesenjangan Antara Sekolah Negeri dan
Swasta Di Depok” . Karya ilmiah ini bertujuan agar pemerintah memperhatikan
para murid yang bersekolah di sekolah negeri dan swasta agar tidak terjadi
kesenjangan.
Semoga Karya Ilmiah Saya dapat bermanfaat
bagi Para Mahasiswa, Pelajar, Umum dan kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah
Daerah, agar kesenjangan yang terjadi antara kesenjangan sekolah negeri dan
sekolah swasta tidak terjadi. Saran dan kritikan sangat diperlukan jika banyak
kesalahan pada karya ilmiah ini
Wassalamu’alaikum Wr. Wb. Depok, 21 Februari
2012
Daftar Isi
Bab
I : Pendahuluan
-
Latar
Belakang Masalah
-
Tujuan
Penelitian
-
Identifikasi
Masalah
-
Manfaat
antara Sekolah Negeri dan Swasta
Bab
II : Pembahasan Masalah
-
Landasan
Teori
-
Pembahasan
Masalah
-
Manfaat
Sekolah Negeri
-
Manfaat
Sekolah Swasta
Bab III : Penutup
-
Kesimpulan
-
Saran
-
Daftar
Pustaka
Bab I
Pendahuluan
1.1
Latar Belakang Masalah
Di
negeri ini, sekolah negeri begitu dipuja. Buktinya, sekolah-sekolah negeri
selalu ramai pengunjung ketika masa penerimaan siswa baru dibuka. Persis seperti
suasana pasar dan supermarket menjelang perayaan hari raya.
Jauh berbeda sekali jika dibandingkan dengan suasana di sekolah swasta. Apalagi di kota kelahiran saya, yang masyarakatnya seringkali menganggap sekolah swasta sebagai sekolah kasta kedua.
Jauh berbeda sekali jika dibandingkan dengan suasana di sekolah swasta. Apalagi di kota kelahiran saya, yang masyarakatnya seringkali menganggap sekolah swasta sebagai sekolah kasta kedua.
1.2
Tujuan
-
Memberi saran kepada murid di Depok
bahwa mereka tidak perlu bingung untuk sekolah negeri atau sekolah swasta
-
Memberi saran bahwa baik sekolah negeri
ataupun sekolah swasta sebenarnya sama saja hanya mungkin label mereka yang
membuat mereka dicap skolah negeri atau sekolah swasta
1.3
Identifikasi Masalah
-
Kesenjangan
antara sekolah negeri dan swasta di depok
-
Masalah
yang terjadi antara sekolah negeri dan swasta
-
Suasana
belajar di sekolah negeri dan swasta
Bab II
Pembahasan Masalah
2.1 Landasan Teori
·
UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL UUSPN
NO 2 TAHUN 1989-UU SISDIKNAS NOMOR 20 TAHUN 2003 Pasal 50 ayat 6. (Sekolah
Negeri)
·
UU Yayasan (UU No.28 Tahun 2008) >> UU
Tentang Sekolah Swasta
2.2 Pembahasan Masalah
Berdasarkan kepemilikan sekolah
terbagi menjadi dua, sekolah negeri yaitu sekolah milik umum yang didirikan dan
dibiayai Negara dengan tujuan memberikan layanan pendidikan ke masyarakat dan
mencerdaskan anak bangsa tanpa biaya ataupun dengan biaya yang relatif lebih
terjangkau sedangkan sekolah swasta adalah milik perseorangan atau sekelompok
orang tertentu yang bertujuan memberikan layanan pendidikan ke masyarakat
dengan memungut uang untuk pembiayaan operasional sekolah, pembayaran gaji guru
dan perolehan laba bagi pemilik sekolah tersebut. Oleh karena itu
biaya pendidikan di sekolah swasta relatife lebih mahal dibandingkan dengan
sekolah negeri.
Di zaman sekarang yang telah semakin maju
dan adanya persaingan pasar bebas, maka pemerintah dan pihak swasta mulai
merintis sekolah bertaraf Internasional walaupun tujuan dan latar belakang yang
berbeda. Untuk uang sekolah negeri bertaraf Internasional harganya
sebanding dengan fasilitas dan prasarana yang diberikan, akan tetapi untuk
sekolah swasta bertaraf Internasional biaya pendidikannya sangatlah mahal
sehingga hanya dapat dijangkau kalangan menengah ke atas.
2.3 Manfaat Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta
Manfaat
Sekolah Negeri
·
biaya
bulanan yang terjangkau memungkinkan orang tua memilih sekolah untuk anaknya
·
Jika para orangtua calon siswa bersedia
membiayai pembangunan ruang kelas baru
Manfaat Sekolah Swasta
·
Dalam pendirian sekolah swasta atas nama
yayasan, biaya izin dan pajaknya lebih murah.
·
tidak memungut biaya sekolah yang memberatkan
bagi anak dari ekonomi keluarga yang kurang mampu agar tetap dapat bersekolah.
Bab
III
Penutup
3.1 Kesimpulan
Kesimpulan dari karya ilmiah ini adalah sebenarnya baik
sekolah negeri maupun sekolah swasta sama saja atau tidak ada bedanya. Mungkin
hanya label dan kondisi ekonomi saja yang membuat mereka disebut demikian
Dan kembali lagi kepada murid itu sendiri, bahwa mereka
bisa berprestasi bukan darimana mereka berasal, baik itu sekolah negeri atau
sekolah swasta asal mereka mempunyai kemampuan untuk meraih prestasi yang baik.
Jadi, Negeri
atau Swasta itu hanyalah bungkus semata.
Don’t judge the book by its cover.
Don’t judge the book by its cover.
3.2 Saran
·
Pemerintah Kota dan Dinas Pendidikan
Kota Depok harus bijak dalam kesenjangan antara sekolah negeri dan sekolah
swasta di Depok
·
Membebaskan biaya untuk seluruh
murid-murid karena masih banyak yang diluar sana yang membutuhkan pendidikan
3.3 Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar